Jumat 24 Feb 2023 11:41 WIB

Halte Monas dan Juanda Jadi Halte Transit Pengganti Harmoni

PT Transjakarta jadikan halte Monas dan Juanda jadi halte transit pengganti Harmoni.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah calon penumpang menunggu bus Transjakarta di Halte Harmoni Transjakarta. PT Transjakarta jadikan halte Monas dan Juanda jadi halte transit pengganti Harmoni..
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Sejumlah calon penumpang menunggu bus Transjakarta di Halte Harmoni Transjakarta. PT Transjakarta jadikan halte Monas dan Juanda jadi halte transit pengganti Harmoni..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Transjakarta menyampaikan bahwa Halte Harmoni merupakan halte yang paling krusial terdampak pembangunan MRT Jakarta Fase 2A karena statusnya sebagai halte transit. Untuk memperlancar mobilitas penumpang, pihak PT Transjakarta akan melakukan pengalihan dengan menetapkan Halte Monas, Bundaran HI, dan Juanda sebagai halte transit pengganti Halte Harmoni. 

Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adiwinarto mengatakan, pihaknya memang mendukung penuh rencana pembangunan MRT Jakarta. Sehingga dilakukan upaya penyesuaian atas dampak pembangunan tersebut terhadap operasional Transjakarta.

Baca Juga

Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP202 yang meliputi rute Harmoni-Mangga Besar tak ayal membuat tiga halte, yakni Halte Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar harus direlokasi sementara.

“Terkait manajemen rute, kami ingin menekankan bahwa dari tiga halte itu, Halte Harmoni-lah yang menjadi titik perhatian kita semua. Di Halte Harmoni setelah direlokasi akan banyak pengalihannya karena memang Harmoni adalah halte transit,” kata Yoga dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023).

Halte Harmoni diketahui dilewati oleh koridor-koridor besar seperti koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), dan koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni). Sehingga Yoga menuturkan, kondisi tersebut membuat pihaknya harus berupaya mengakomodir pergerakan yang sangat besar di Halte Harmoni dengan cara memecah serta memberikan rute-rute langsung. Sejumlah halte pun akhirnya dijadikan halte transit pengganti Halte Harmoni.

“Halte Monas, Bundaran HI, dan Juanda akan kami gunakan sebagai halte transit. Halte harmoni temporary hanya melayani rute-rute yang bukan menjadi halte transit karena halte harmoni temporary dibikin di dua sisi, dimana orang yang transit harus keluar dulu, jadi peruntukannya bukan untuk transit,” jelasnya.

Yoga mencontohkan, koridor 2 rute Pulogadung-Harmoni yang bergerak dari arah timur akan dialihkan ke Halte Monas, dan koridor 3 rute Kalideres-Pasar Baru yang selama ini transit di Halte Harmoni dialihkan ke Bundaran HI.

Contoh lainnya, koridor 5C rute PGC-Harmoni akan dipindahkan menjadi PGC-Juanda dan koridor 7F rute Kampung Rambutan-Harmoni dialihkan menjadi Kampung Rambutan-Juanda.

Diketahui, Pekerjaan proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 2A berimbas pada direlokasinya tiga halte untuk sementara waktu di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. Halte sementara telah disiapkan pada beberapa lokasi yang tidak jauh dari Halte Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar.

Pada halte eksisting Transjakarta Mangga Besar, halte sementara atau temporary mulai dioperasikan pada 25 Februari 2023, Halte Sawah Besar temporary pada 28 Februari 2023, dan Halte Harmoni temporary siap dioperasikan pada 3 Maret 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement