Sabtu 25 Feb 2023 06:35 WIB

Fase I: Serangan Besar-besaran Rusia ke Ukraina

Setidaknya perjalanan setahun perang Rusia-Ukraina ini bisa dibagi beberapa fase.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Seorang penyelamat mencoba memadamkan api gedung pribadi setelah penembakan Rusia di desa Ivanivka. Setahun perang Rusia-Ukraina, dimulai pada 24 Februari 2022.
Foto: EPA-EFE/GEORGE IVANCHENKO
Seorang penyelamat mencoba memadamkan api gedung pribadi setelah penembakan Rusia di desa Ivanivka. Setahun perang Rusia-Ukraina, dimulai pada 24 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Setahun perang Rusia-Ukraina, dimulai pada 24 Februari 2022. Ketika itu Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina dari tiga wilayah. Di bagian utara dekat Belarusia, di selatan serangan terjadi di Semenanjung Krimea yang telah dianeksasi dan di timur, yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Perang ini menghilangkan nyawa ribuan orang, membuat jutaan orang terlantar, dan menghancurkan seluruh kota. Setidaknya perjalanan setahun perang Rusia-Ukraina ini bisa dibagi beberapa fase seperti dikutip dari Aljazirah.

Fase I yakni fase pendahuluan persiapan pasukan Rusia mulai memasuki wilayah Ukraina. Fase kedua, tahap pengepungan dan sanksi yang juga membuat pasukan Rusia dan pendukungnya harus mundur sementara. Fase ketiga, tuduhan adanya kejahatan perang serta blokade suplai energi yang membuat Uni Eropa kekurangan pasokan energi.

Fase keempat, campur tangan NATO dan Perluasan Uni Eropa ke timur. Fase kelima, serangan balik Ukraina. Fase keenam, mobilisasi kembali pasukan Rusia dengan pasukan bayaran Wagner. Fase ke tujuh perang tank di Ukraina dan pasokan amunisi ke Ukraina, namun tanpa bantuan jet tempur.