Jumat 24 Feb 2023 22:08 WIB

Masih Tanda Tangan Pakai Pulpen? Ganti ke Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya

Meningkatnya penggunaan tanda tangan elektronik sejalan dengan tren digitalisasi.

Red: Qommarria Rostanti
Tanda tangan elektronik (ilustrasi). Setidaknya ada lima manfaat tanda tangan elektronik yang makin banyak digunakan seiring dengan tren digitalisasi.
Foto: dok istimewa
Tanda tangan elektronik (ilustrasi). Setidaknya ada lima manfaat tanda tangan elektronik yang makin banyak digunakan seiring dengan tren digitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi membawa kemudahan pada setiap aspek aktivitas sehari-hari. Salah satunya menandatangani dokumen dengan tanda tangan elektronik yang menggantikan tanda tangan basah.

Pimpinan inovasi di Mekari Brendan Rakphongphairoj dalam keterangan pers, Jumat (24/2/2023) mengatakan, meningkatnya penggunaan tanda tangan elektronik atau e-signature sejalan dengan tren digitalisasi yang membuat bisnis semakin paperless atau tanpa kertas. "E-signature bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang sehari-harinya harus memproses berbagai macam dokumen, termasuk perusahaan di bidang ritel, hospitality, pendidikan, serta layanan profesional seperti konsultan, business-to-business (B2B) dan teknologi," kata Rakphongphairo.

Baca Juga

Mekari, yang menyediakan tanda tangan elektronik bersertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), menemukan setidaknya ada lima manfaat menggunakan tanda tangan elektronik:

1. Satu klik untuk menandatangani semua