Sabtu 25 Feb 2023 09:17 WIB

Kemenkeu yang Was-Was Warga tak Bayar dan Lapor Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakat tetap bayar pajak dan lapor SPT.

Rep: Fauziah Mursid/Antara/Flori/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencopot Rafael Alun Trisambodo.
Foto: Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencopot Rafael Alun Trisambodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus kebutralan MDS terhadap korban D telah mengungkap sejumlah fakta terkait ayah pelaku. Rafael Alun Trisambodo, ayah MDS, memiliki aset kekayaan hingga Rp 56 miliar.  Jumlah itu hanya selisih Rp 58 miliar dibandingkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.  

Sejumlah netizen pun menyampaikan sumpah serapahnya terkait kehidupan anak pejabat pajak tersebut.  "Yuk @DitjenPajakRI hentikan bullshit buang-buang waktu buat wajib lapor ini yuk! Kalian yang potong gaji saya jadi cukup kantor + kalian saja yang setor bukti potongnya. Ready?" tulis seorang netizen. 

Baca Juga

Kementerian Keuangan yang digawangi Sri Mulyani langsung bergerak cepat. Menkeu turun langsung dengan menggelar konferensi pers pada Jumat (24/2/2022). Menkeu bahkan langsung mencopot Rafael Alun Sambo dari jabatannya sebagai kepala bagian umum di Kantor Wilayah Pajak Jakarta Selatan. Di posisi ini, Rafael Alun masuk dalam kategori eselon III dengan range tunjangan Rp 37 juta sampai Rp 46 juta

Dalam pernyatannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar masyarakat tetap membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahun pajak penghasilan di tengah pemeriksaan terhadap harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang tengah berjalan.