REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- La Maison de l'Indonesie atau Rumah Indonesia akan menggelar acara B2B Table Top Tourismpada 2-3 Maret 2023, sebuah pertemuan pasar wisata, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di Prancis.
Berdasarkan rilis pers Rumah Indonesia yang dilansir Antara di Jakarta, Sabtu (25/2/2023), acara promosi tersebut kembali digelar pada tahun ini setelah tiga tahun dihentikan akibat pandemi. Workshop wisata Indonesia bertema Indonesia Vous Attend tersebut, yang artinya Indonesia menunggu Anda, digelar selama dua hari di Rumah Indonesia Paris dan dikoordinasikan oleh operator wisata Eka Moncarre.
Promosi wisata Indonesia di Prancis dilanjutkan untuk membantu pemulihan pariwisata Indonesia di pasar internasional dan pasar Eropa, terutama Prancis. Eropa dianggap sebagai pasar yang sangat penting bagi pariwisata Indonesia.
Menurut Rumah Indonesia, sebelum pandemi, ada sekitar 300 ribu wisatawan datang berlibur ke Indonesia setiap tahun dan setelah pandemi, wisatawan Prancis yang berlibur ke luar negeri meningkat. Pada 2022, terdapat sekitar 52 persen orang Prancis berlibur di luar negeri. Sementara pada 2023, 75 persen orang Prancis menyatakan keinginan untuk berlibur ke luar Prancis dan potensi pasar yang besar tersebut mendorong promosi wisata Indonesia di Prancis.
Acara pertemuan pasar wisata Indonesia tersebut akan dihadiri oleh sekitar 19 penjual dari hotel, perusahaan pengelola destinasi (DMC) dan juga maskapai di Indonesia.