Ahad 26 Feb 2023 10:50 WIB

Mengenang Didi Kempot Lewat Film Sobat Ambyar

Film 'Sobat Ambyar' merupakan drama romantis yang diangkat berdasarkan perjalanan karier Didi Kempot.

Rep: Koiyudh/ Red: Partner
.
.

Akting<a href= Didi Kempot di film Sobat Ambyar. " />
Akting Didi Kempot di film Sobat Ambyar.

RUANG TEKNO -- Didi Kempot dikenal sebagai maestro musik campursari yang sudah menulis lebih dari 700 lagu dalam bahasa Jawa selama 30 tahun lebih kariernya.

Tidak hanya bermusik, pria bernama lengkap Didik Hariyanto juga sempat menjajal seni peran untuk layar lebar.

Didi diketahui sempat berakting di salah satu film layar lebar garapan berjudul 'Sobat Ambyar'.

'Sobat Ambyar' adalah film drama komedi romantis rilisan tahun 2021 yang disutradarai Bagus Bramanti dan Charles Gozali.

Film ini diangkat berdasarkan perjalanan karier Didi Kempot. Mulai dari dia berkarya hingga dikenal sebagai maestro campursari.

Film disutradarai oleh duet Charles Gozali dan Bagus Bramanti ini mengambil sudut pandang cerita dari Sobat Ambyar, sebutan bagi penggemar Didi Kempot.

"Sobat Ambyar" mengisahkan perjalanan Jatmiko (Bhisma Mulia), seorang pemilik kedai kopi yang pemalu dan jatuh cinta kepada Saras (Denira Wiraguna), sosok wanita cantik yang sulit ditebak.

Jatmiko yang pemalu terhadap lawan jenis itu berusaha mengutarakan isi hatinya kepada Saras dengan bantuan dari Anjani (Sisca JKT48) dan Kopet (Erick Estrada).

Seiring berjalannya waktu, kedua muda-mudi ini pun menjalin hubungan asmara hingga sebuah kejadian membuat Jatmiko harus patah hati dengan pujaan hatinya tersebut.

Meski patah hati tak dapat terelakkan, lagu-lagu cinta dari Didi Kempot, seniman yang dijuluki "The Godfather of the Broken Heart", menjadi teman dan membantunya bangkit kembali dari kesedihan.

Tak bisa dipungkiri bahwa sosok Didi Kempot menjadi jualan utama dalam film berdurasi 101 menit ini. Meskipun secara spesifik "Sobat Ambyar" bukanlah film biopik dari pelantun lagu "Stasiun Balapan" tersebut.

Bagi mereka yang menantikan dan merindukan Didi Kempot, film ini dapat menjadi obat penawar rindu. Pasalnya, Didi Kempot juga ambil bagian dalam beberapa adegan di film.

Kabarnya film "Sobat Ambyar" juga menjadi debut layar lebar pertama dari sang maestro campursari tersebut. Sutradara Charles Gozali mengatakan perlu pendekatan ekstra dan berbeda demi Didi Kempot mau berakting dalam film ini.

Menurut Gozali, butuh waktu sampai tiga bulan lamanya untuk benar-benar meyakinkan Didi Kempot berakting di film "Sobat Ambyar". Didi Kempot, sebenarnya sering ditawari bermain film layar lebar. Namun, semua ditolak, kata Gozali. Alasannya, Didi Kempot merasa dunia seni peran bukan keahliannya.

Didi Kempot pun akhirnya bersedia tampil di film ini sebagai cameo. Tak diduga, ini menjadi kesempatan terakhir kalinya bagi para penggemar untuk melihat sang maestro campursari berakting di layar lebar.

Baca juga

Google Mengenang Didi Kempot Si 'Bapak Patah Hati' Lewat Doodle Hari Ini

Mengenang Didi Kempot: 10 Lagu Viral Si 'Bapak Patah Hati' di Youtube

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement