Senin 27 Feb 2023 17:01 WIB

KH Ali Yafie di Mata Muridnya

KH Ali Yafie disebut sebagai sosok pengayom.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
KH Ali Yafie
Foto: ansel-boto.blogspot.com
KH Ali Yafie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wafatnya Prof. KH Muhammad Ali Yafie meninggalkan duka mendalam bagi seluruh umat Muslim di Tanah Air. Terlebih bagi para muridnya yang menyimpan segudang memori dan kenangan bersama Kiai Ali Yafie.  Salah satu murid kiai Ali Yafie yakni ustaz Syahrullah Iskandar yang juga alumni Pondok Pesantren Darud Da'wah wal Irsyad Mangkoso menceritakan bagaimana sosok KH. Ali Yafie memberikan keteladanan pada murid-muridnya.

Menurut ustaz Syahrullah, kiai Ali Yafie adalah sosok ulama yang mengayomi generasi muda. Kiai Ali Yafie tidak memilah-milah siapa saja orang yang datang sowan padanya terlebih untuk berbincang tentang persoalan-persoalan agama dan mendengar pencerahan-pencerahannya.

Baca Juga

Kiai Ali Yafie yang lahir di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada tanggal 1 September 1926 dan tutup usia pada tanggal 25 Februari 2023 di usianya yang ke-96 tahun sangat piawai dalam memberikan penjelasan kepada murid-muridnya atau orang-orang yang meminta pandangannya terhadap suatu persoalan. Lebih dari itu, kata ustaz Syahrullah, ketawadhu'an kiai Ali Yafie menjadi teladan bagi para murid-muridnya.

"Beliau berbicara yang lugas dan singkat tanpa berpanjang lebar tetapi mampu memuaskan dahaga intelektual kita. Beliau piawai menyesuaikan jawaban sesuai kadar intelektual penanya, sehingga mudah dipahami dan berkesan. Beliau ulama yang rendah hati dan mampu bergaul dan diterima di setiap kalangan. Kesantunan dan kealiman terpadu dengan baik dalam dirinya," kata ustaz Syahrullah yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran kepada Republika.co.id pada Senin(27/2/2023).