Selasa 28 Feb 2023 11:00 WIB

Masjid Tertua Keempat di Mesir Resmi Dibuka Pasca Pemugaran

Masjid al Hakim bi Amr Allah yang merupakan situs Islam bersejarah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Peresmian Masjid al Hakim bi Amr Allah
Foto: Ahram Online
Peresmian Masjid al Hakim bi Amr Allah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Pemugaran Masjid al Hakim bi Amr Allah yang merupakan situs Islam bersejarah di Kairo, Mesir telah selesai. Pada Senin (27/2/2023) Masjid itu telah resmi dibuka kembali. Peresmian Masjid al Hakim bin Amr Allah itu dilakukan oleh Menteri Pariwisata, Purbakala dan Wakaf Mesir, Ahmed Issa dan Gubernur Kairo Khaled Abdel Aal dengan memotong pita merah.

Seperti dilansir ahram online pada Selasa (28/2/2023) Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan, Mostafa Waziri, mengatakan bahwa proses pemugaran menggunakan metode ilmiah terbaru dan dilakukan atas kerja sama antara Dewan Tertinggi Purbakala dan kelompok Al Bohara. Dia menegaskan bahwa setiap upaya telah dilakukan untuk memastikan bahwa semua fitur arsitektur asli tetap dipertahankan.

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa restorasi itu dilakukan bertujuan terutama untuk memperkuat dinding dan membersihkan pasangan bata serta menghilangkan garamnya. Itu juga bertujuan untuk membersihkan dan memperkuat desain arsitektur bangunan, langit-langit kayu, jendela mashrabiya (kisi kayu), serta arkade, lukisan, ukiran, dan ornamen logam halus.

Masjid al Hakim bi Amr Allah  merupakan masjid tertua keempat di Mesir dan terbesar kedua setelah Masjid ibn Tulun. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 380 H/990 M oleh ayah Al Hakim, Khalifah Fatimiyah Al-Aziz bi Allah, yang meninggal sebelum selesai. Lalu putranya menyelesaikannya pada tahun 403 H/1013 M.

Masjid ini terletak di ujung Jalan Al-Muizz di distrik Al Gamaliya, dekat Bab Al-Futuh. Awalnya dibangun di luar tembok kota yang ditugaskan oleh Wazir Fatimiyah Jawhar Al- Siqilli. Masjid tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tembok yang dibangun oleh Badr Al-Din Al-Jamali pada tahun 480 H/1078 M.

Pintu masuk utama terletak di fasad barat masjid dan memiliki ukuran dan desain yang monumental. Ini adalah salah satu contoh arsitektur tertua yang memproyeksikan pintu masuk dan dipengaruhi oleh Masjid Agung Mahdiya di Tunis.

Denah masjid terdiri dari persegi panjang dengan empat arcade dan halaman di tengahnya. Dua menara mengapit kedua sisi fasad.

Masjid ini telah mengalami beberapa fase restorasi sepanjang tahun. Ini memiliki sejarah panjang dan menarik, termasuk perannya sebagai barak selama kampanye Prancis, ketika menaranya digunakan sebagai menara pengawas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement