Selasa 28 Feb 2023 16:45 WIB

Pakar Gizi UEA Berbagi Tips Sehat Jelang Ramadhan

Umat Islam harus mulai bersiap bagaimana caranya agar tetap sehat selama berpuasa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Ramadhan. Sejumlah Ahli gizi di Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan umat Islam harus mulai mempraktikkan kebiasaan sehat menjelang Ramadhan.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ramadhan. Sejumlah Ahli gizi di Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan umat Islam harus mulai mempraktikkan kebiasaan sehat menjelang Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Sejumlah Ahli gizi di Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan umat Islam harus mulai mempraktikkan kebiasaan sehat menjelang Ramadhan. Langkah ini penting untuk menghindari kenaikan berat badan atau komplikasi kesehatan selama bulan suci.

Ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, Archana Baju, mengatakan dengan momen Ramadhan yang semakin, umat Islam harus mulai bersiap bagaimana caranya agar tetap sehat selama berpuasa.

Baca Juga

“Ramadhan sudah dekat. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk merencanakan Ramadhan yang sehat dan bergizi,” ucap dia dikutip di Al Arabiya, Selasa (28/2/2023).

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah asupan kafein yang harus dikontrol. Minuman berkafein tidak hanya membuat seseorang tetap waspada tetapi juga bertindak sebagai diuretik dan menyebabkan dehidrasi. Selama berpuasa, dehidrasi bisa menjadi perhatian penting, sehingga usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi sebelum bulan suci dimulai.