Kamis 02 Mar 2023 22:57 WIB

Keteladanan Umar Bin Abdul Aziz, Gambaran Terbalik Potret Pejabat Hedon Indonesia

Umar bin Abdul Aziz adalah sosok sederhana dan bersahaja

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Kisah Umar bin Abdul Aziz takut peluang korupsi (ilustrasi). Umar bin Abdul Aziz adalah sosok sederhana dan bersahaja
Foto: wikipedia
Kisah Umar bin Abdul Aziz takut peluang korupsi (ilustrasi). Umar bin Abdul Aziz adalah sosok sederhana dan bersahaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah Bani Umayyah yang berkuasa dari tahun 717M sampai 720M. Khalifah Umar bin Abdul Aziz lahir pada 63H/682M dan meninggal di usia 38 tahun setelah diracun  pembantunya. 

Dikutip dari buku Teologi Korupsi karya Nasarudin Umar, meskipun Umar bin Abdul Aziz memerintah kurang dari tiga tahun, tetapi berhasil mengembalikan suasana kehidupan masyarakat dan keumatan seperti pada zaman Khulafaurrasyidin.

Baca Juga

Umar adalah khalifah yang dikenal sangat bersahaja. Umar bahkan hanya memiliki satu stel baju kekhalifahan, sehingga harus menunggu kering baru bisa digunakan di depan publik.

Ketika sakitnya tengah berada di masa kritis, dia ditanya apa yang engkau akan wasiatkan kepada anak-anakmu. Dia menjawab, “Aku tidak mewasiatkan apa-apa karena aku tidak memiliki apa-apa. Jika anak-anakku orang saleh, Allah-lah yang mengurus orang-orang saleh. Jika mereka orang-orang yang tidak saleh, aku tidak mau meninggalkan hartaku di tangan orang yang mendurhakai Allah lalu menggunakan harta itu untuk mendurhakai Allah,” kata Umar.