Jumat 03 Mar 2023 08:33 WIB

Jenis Yoghurt Tertentu Ternyata Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Kandungan utama yoghurt nabati dapat memangkas kadar kolesterol.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Yoghurt (ilustrasi). Yoghurt nabati bermanfaat untuk menurunkan kolesterol karena kadar lemak jenuhnya yang rendah.
Foto: Flickr
Yoghurt (ilustrasi). Yoghurt nabati bermanfaat untuk menurunkan kolesterol karena kadar lemak jenuhnya yang rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi di arteri dapat mendatangkan malapetaka, di antaranya meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok. Kabar baiknya, menurut seorang ahli, jenis yoghurt tertentu bisa melakukannya.

Sebenarnya, jenis makanan yang dapat mengatasi kolesterol tinggi adalah kedelai. Buat Anda yang bukan penggemar tahu atau tempe, produk kedelai lainnya bisa menjadi pilihan, termasuk yoghurt.

Baca Juga

Heart UK menjelaskan bahwa produk kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kaya akan protein, vitamin, dan mineral, kacang kedelai sempurna untuk diet jantung sehat.

Salah satu alasan makanan nabati ini bermanfaat untuk kolesterol adalah karena rendahnya kadar lemak jenuhnya. Lemak jenuh adalah biang kerok yang bertanggung jawab atas kadar kolesterol tinggi.

"Produk kedelai adalah pilihan yang baik untuk menggantikan makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging, krim penuh lemak dan produk susu, serta makanan ringan seperti keripik," jelas badan amal itu.

Heart UK merekomendasikan untuk memilih sekitar dua hingga tiga porsi makanan kedelai setiap hari, dengan 150 gram yoghurt kedelai mewakili satu porsi. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition juga menemukan bahwa kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Melihat 43 percobaan, para peneliti menemukan rata-rata makan 25 gram protein kedelai per hari menurunkan kadar LDL sekitar tiga sampai empat persen selama periode enam pekan. Harvard Medical School menggambarkan temuan ini termasuk kecil, tapi masih signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement