Jumat 03 Mar 2023 13:50 WIB

Bisikan Rayuan Iblis kepada Penguasa dalam Kitab Ibnu Qayyim Jauzi

Iblis tak rela menyaksikan orang-orang beriman.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi iblis.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi iblis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu al-Faraj ibn al-Jauzi yang dikenal sebagai Ibnu Qayyim Jauzi dalam buku Talbis Iblis menjelaskan bahwa iblis memperdaya para penguasa dari berbagai sisi. Ibnul Jauzi menyebutkan sebagian di antaranya yang penting.

Iblis membisikkan kepada para penguasa bahwa Allah SWT mencintai mereka. Jika Allah tidak mencintai, tentunya Dia tidak akan mengangkat mereka menjadi penguasa dan menjadikan mereka sebagai wakil-Nya di tengah hamba-hamba-Nya.

Baca Juga

Kalaupun para penguasa itu benar-benar wakil Allah SWT, mestinya mereka menerapkan hukum-hukum-Nya dan mencari keridhoan-Nya. Pada saat itulah mereka merupakan orang-orang yang dicintai Allah SWT karena taat kepada-Nya.

Tidak jarang kekuasaan dan kerajaan diberikan kepada orang yang justru dibenci-Nya. Dia juga menghamparkan dunia kepada orang yang sebenarnya tidak dilihat-Nya, lalu membuatnya berkuasa terhadap orang-orang sholeh. Karena berkuasa, para raja itu membunuhi orang-orang yang sholeh dan wali-wali Allah, sehingga apa yang dilimpahkan Allah kepada mereka merupakan dosa bagi mereka dan bukan merupakan anugerah bagi mereka.