Sabtu 04 Mar 2023 09:21 WIB

Muslim Inggris Donasikan Satu Miliar Pondsterling Setahun

Amal adalah pilar utama dalam Islam dan tertanam kuat dalam cara hidup Muslim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Inggris Donasikan Satu Miliar Pondsterling Setahun
Foto: AP/Martin Meissner
Muslim Inggris Donasikan Satu Miliar Pondsterling Setahun

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Lembaga think tank yang berbasis di London, Ayaan Institute, telah membuktikan Muslim Inggris merupakan salah satu kelompok agama yang paling dermawan. Ayaan mengungkapkan muslim memberikan setidaknya satu miliar pound setahun untuk amal.

Adapun amal adalah pilar utama dalam Islam dan tertanam kuat dalam cara hidup Muslim. Jumlah yang begitu besar, yang diproyeksikan mencapai empat miliar pound pada 2050, diungkapkan dalam laporan berjudul, Aiding the Ummah: Analyzing the Muslim Humanitarian Charity Sector in the UK (Membantu Umat: Menganalisis Sektor Amal Kemanusiaan Muslim di Inggris).

Baca Juga

“Sektor amal Muslim memberikan kontribusi yang berharga bagi masyarakat Inggris, ekonomi, komunitas Muslim dan membantu negara-negara di seluruh dunia melalui bantuan dan pertolongan. Pekerjaan ini didorong oleh keyakinan Islam dan layak mendapat pengakuan lebih,” kata Direktur Ayaan Institute, Jahangir Mohammed, dilansir dari laman About Islam pada Kamis (2/2/2023).

Laporan tersebut menemukan badan amal kemanusiaan Muslim Inggris mengumpulkan 708 juta pound untuk amal pada 2020. Itu dikombinasikan dengan pemberian Muslim untuk amal Inggris (termasuk 2.752 masjid dan tempat ibadah), berarti satu miliar pound per tahun diberikan.