Selasa 07 Mar 2023 08:47 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Dinobatkan Jadi Top Megahub LCC Global

OAG menetapkan daftar megahub 2022 menggunakan indeks konektivitas

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Banten).
Foto: Istimewa
Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Banten).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu megahub atau bandara yang paling terkoneksi di dunia. Lembaga analisis penerbangan yang berbasis di Inggris yakni OAG, menetapkan Bandara Soekarno-Hatta di peringkat enam dalam daftar Top 25 Low-cost Carrier Airport Megahub 2022.

“Kolaborasi seluruh stakeholder membuat Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakselerasi pemulihan lalu lintas penerbangan di tengah pandemi Covid-19,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (6/3/2023).

Baca Juga

OAG menetapkan daftar megahub 2022 menggunakan indeks konektivitas yang mengukur efektivitas bandara-bandara internasional di dunia sebagai penghubung poin (secara global dan regional). Selain itu juga sebagai pintu gerbang ke dalam pasar domestik.

Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 25 LCC Megahub 2022 di posisi enam tersebut lebih baik dari sebelumnya pada 2019 berada di posisi delapan. Peringkat Bandara Soekarno-Hatta tersebut sekaligus yang tertinggi untuk di kawasan ASEAN.