Rabu 08 Mar 2023 01:16 WIB

Menteri ATR/BPN: 79 Persen Layanan ATR/BPN Kini Bisa Online

Tujuh layanan cepat diluncurkan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto

Tujuh layanan cepat diluncurkan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto
Foto: dok Istimewa
Tujuh layanan cepat diluncurkan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tujuh layanan cepat diluncurkan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang digelar di Hotel Shangri-La, pada Selasa 7 Maret 2023.

Rakernas ATR/BPN tahun ini membahas Peningkatan Investasi melalui Transformasi Digital dan Kepastian Hukum di Bidang Tata Ruang dan Pertanahan. Dalam upaya tersebut, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto didampingi Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, meresmikan tujuh layanan kantor yang memberikan dampak signifikan terhadap performa kerja Kementerian yang dinamai JULAPAT (Tujuh Layanan Cepat).

Baca Juga

“Tujuh Layanan ini adalah 79% dari total layanan di Kantor ATR/BPN,” Tegas Hadi Tjahjanto dalam keterangan persnya.

Hadi menjelaskan bahwa tujuh layanan tersebut diluncurkan untuk dinasionalisasi ke seluruh Kantor ATR/BPN yang pelaksanaanya tidak memerlukan kegiatan lapangan, dan dapat diterapkan secara elektronik.

“Layanan ini juga tidak memerlukan analisa mendalam dan tidak melibatkan pihak eksternal,” lanjut Hadi.

Tujuh layanan tersebut adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Roya Manual dan Roya Elektronik, Hak Tanggungan, Peralihan (kecuali warisan), Pendaftaran Surat Keputusan, dan Perubahan HGB menjadi Hak Milik. 

Hadi berharap dengan diluncurkannya layanan ini dapat mempermudah dan mempercepat layanan sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan layanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement