Rabu 08 Mar 2023 13:34 WIB

Menteri Israel Bersumpah Kerahkan Garda Nasional Selama Ramadhan di Kota Lod

Kota Lod adalah salah satu yang termiskin di Israel dan penuh dengan kejahatan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
 Itamar Ben Gvir, menteri keamanan nasional sayap kanan Israel. Menteri Israel Bersumpah Kerahkan Garda Nasional Selama Ramadhan di Kota Lod
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Itamar Ben Gvir, menteri keamanan nasional sayap kanan Israel. Menteri Israel Bersumpah Kerahkan Garda Nasional Selama Ramadhan di Kota Lod

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Penduduk Palestina di kota Lod mendapat peringatan terhadap rencana Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir. Ia memiliki rencana mengerahkan unit-unit dari garda nasional yang baru dibentuk di berbagai kota.

Penyiar publik Kan Israel melaporkan unit tersebut akan mencakup beberapa lusin warga sipil dengan latar belakang militer, yang bertugas sebagai regu pengawas khusus. "Saya berterima kasih kepada perdana menteri karena telah menerima permintaan saya untuk pembentukan penjaga nasional dan penambahan ribuan petugas polisi," tulis Ben Gvir di Twitter, Senin (6/3/2023).

Baca Juga

Unit garda nasional pertama ini kemungkinan akan dikerahkan di Lod, tenggara Jaffa, selama bulan suci Ramadhan di Muslim. Kota Lod adalah salah satu yang termiskin di Israel dan penuh dengan kejahatan.

Pada Mei 2021, di tengah ketegangan di Yerusalem Timur yang diduduki dan gejolak antara Hamas, Jihad Islam Palestina di Gaza dan Israel, ekstremis Yahudi dilaporkan menyerang warga Palestina di beberapa kota campuran, termasuk Lod, Acre dan Haifa.