Rabu 08 Mar 2023 13:57 WIB

Bingung Apa Passion Anda, Coba Cek Tiga Hal Ini

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah jujur kepada diri sendiri.

Red: Qommarria Rostanti
Cara mengetahui passion diri sebenarnya. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cara mengetahui passion diri sebenarnya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengenali passion diri untuk akhirnya bisa bekerja di bidang yang disukai bisa dilakukan melalui tiga langkah sederhana. Menurut psikolog Sandi Kartasasmita, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah jujur kepada diri sendiri.

Tanyakan kepada diri Anda, apa passion yang dimiliki. "Kita lihat mana yang benar-benar kita suka, bukan karena melihat apa yang teman kita suka," kata Sandi dalam keterangannya pada Rabu (8/3/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, jika Anda memilih bidang pekerjaan berdasarkan preferensi orang lain, maka hal itu sebenarnya adalah perilaku konformitas terhadap lingkungan. Kedua, buka wawasan dan jejaring seluas-luasnya.

"Banyak network yang face to face, karena kalau kenalan di media sosial itu terkadang enggak selalu yang sesungguhnya," kata Sandi. Ketiga, lakukan tes psikologi untuk mengenali diri sendiri sehingga bisa menggali potensi diri lebih dalam berdasarkan passion.

Dalam kesempatan yang sama Chief Marketing Officer of Ekrutes.id, Kristin Tan,  mengatakan psikotes adalah langkah awal yang penting bagi perusahaan untuk lebih mengenal kandidat. "Banyak turn over yang terjadi di perusahaan saat ini karena ada ketidakcocokan antara atasan dengan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang," jelasnya.

Ekrutes.id merupakan platform management talent yang menyediakan alat tes psikologi melalui inovasi teknologi dan riset psikologi. "Ekrutes.id menghadirkan psikotes daring yang paperless, real time, dan efisien, serta yang paling penting sangat terjangkau," kata dia.

Meskipun dilakukan secara daring, peserta tes tidak bisa melakukan kecurangan karena Ekrutes.id memiliki Cheating Prevention System yaitu fitur snapshot yang secara otomatis akan mengaktifkan kamera dan mengambil foto yang ada di depan kamera (mode selfie).

Perusahaan juga bisa memanfaatkan fitur EKRUBOX, sistem AI yang bisa memberikan rekomendasi talent berdasarkan hasil psikotes dan memberikan rekomendasi posisi yang sesuai. Ada berbagai macam asesmen yang bisa digunakan oleh perusahaan, ada tes intelegensi atau tes IQ, tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepercayaan diri, tes kepuasan hidup, tes gaya belajar, dan tes minat bakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement