Rabu 08 Mar 2023 20:16 WIB

Di Bawah Chainsaw Man dan One Piece, Manga Jujutsu Kaisen Ungguli Boruto-MHA

Jumlah pembacanya juga terus meningkat di dunia.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Karakter dalam manga Jujutsu Kaisen.
Foto: Dokumen
Karakter dalam manga Jujutsu Kaisen.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jujutsu Kaisen menjadi salah satu serial yang diminati di dunia anime maupun manga. Penggemar dari karya Gege Akutami ini patut bersenang hati karena film Jujutsu Kaisen 0 memenangkan kategori Best Anime Film dalam Crunchyroll Anime Awards 2023.

Tidak hanya itu, manga Jujutsu Kaisen juga dilaporkan melampaui manga Jepang lainnya. Seperti manga Boruto: Naruto Next Generations dan My Hero Academia (MHA), yang mana juga sudah lama mencatatkan pembaca dengan jumlah yang cukup tinggi.  

Jujutsu Kaisen telah mencatatkan namanya sendiri dalam dunia manga dan anime sebagai salah satu Shonen modern terbaik, dengan pembacanya yang juga terus meningkat di dunia. Dengan baru dirilisnya chapter 215, serial tersebut mencatatkan pembaca yang tinggi per 7 Maret 2023 kemarin.

Meski begitu, Jujutsu Kaisen masih belum dapat mengungguli manga Chainsaw Man karya Tatsuki Fujimoto dan juga manga One Piece karya Eiichiro Oda. Kedua manga tersebut tercatat berada di posisi pertama dan kedua.

Dilansir dari Sportskeeda, Chainsaw Man meraih posisi pertama dengan jumlah pembaca sebanyak 1.000.253 pembaca. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan One Piece sebanyak 691.946, yang membuat serial ini berada di posisi kedua.

Sedangkan, manga Jujutsu Kaisen sendiri berhasil meraih posisi ketiga di layanan MANGAPlus dengan jumlah sebanyak 478.451 pembaca. Jumlah tersebut dinilai luar biasa karena dapat mengungguli dua serial Shonen Jepang yakni Boruto dan MHA.

Manga Boruto: Naruto Next Generations karya Kishimoto tercatat berada di posisi keempat dengan jumlah 461.331 pembaca. Sedangkan, MHA yang merupakan karya Kohei Horikoshi mencatatkan jumlah pembaca sebanyak 437.911 dan berada di posisi kelima.

Bagi penggemar yang belum mengikuti serial Jujutsu Kaisen, dapat mengikuti manganya dalam berbagai layanan online maupun yang sudah dicetak dalam bentuk volume (buku). Untuk layanan online, serial ini dapat dibaca di website Viz Media, MANGAPlus, atau aplikasi Shonen Jump+ Shueisha, dan chapter selanjutnya yakni chapter 216 akan dirilis pada 13 Maret 2023.

Sementara, untuk animenya juga sudah tayang sebanyak satu season dengan total 24 episode, termasuk film Jujutsu Kaisen 0 yang tayang di bioskop 2021 lalu. Sedangkan, MAPPA yang menggarap anime Jujutsu Kaisen juga melanjutkan serial tersebut ke season dua, yang rencananya akan dirilis di 2023 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement