Rabu 08 Mar 2023 20:51 WIB

LPB MUI: Yang Ditakuti Saat Ini adalah Perubahan Iklim

Perubahan iklim menjadi ancaman bagi dunia internasional

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi ancaman bagi dunia internasional
Foto: AP Photo/Tony Hicks
Ilustrasi perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi ancaman bagi dunia internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI), Prof Mohammad Jafar Hafsah, mengatakan pada era saat ini yang paling dikhawatirkan diseluruh dunia adalah perubahan iklim yang mengakibatkan frekuensi kenaikan bencana alam, akan naik secara drastis. Akibatnya, bisa berdampak signifikan terhadap keselamatan manusia. 

"Yang ditakuti saat ini dunia adalah perubahan iklim. Itu yang ditakuti. Bukan perang, bukan pandemi, melainkan perubahan iklim yang akan menyebabkan kenaikan frekuensi bencana alam yang akan naik secara drastis," ujar Jafar dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/3/2023). 

Baca Juga

Jafar Hafsah mencatat, Indonesia saat ini menempati urutan ketiga di dunia sebagai negara paling rawan bencana. Pada 2010 lalu kejadian bencana di Tanah Air sebanyak 1.945 kali dan jumlah itu naik 81 persen pada 2022 menjadi 3.544. 

Karena itu, menurut dia, perlu adanya kolaborasi semua stakeholder guna mengantisipasi banyaknya korban jiwa yang jatuh akibat bencana.