Kamis 09 Mar 2023 09:08 WIB

Bank Indonesia Dukung Pengembangan Wisata Hiu Paus Gorontalo

Bantuan diharapkan mendorong penduduk sekitar tergabung dalam kelompok sadar wisata

Red: Gita Amanda
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan objek wisata bahari unggulan daerah hiu paus (whale shark) di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (ilustrasi).
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan objek wisata bahari unggulan daerah hiu paus (whale shark) di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) mendukung pengembangan objek wisata bahari unggulan daerah hiu paus (whale shark) di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Hal tersebut diungkapkan Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Dian Nugraha usai berkunjung dan menyelam bersama Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo di objek wisata hiu paus, Rabu (8/3/2023).

Dalam mendukung sektor pariwisata di Desa Botubarani, KPw Bank Indonesia memberikan sejumlah bantuan, seperti perahu wisata, hingga pembuatan mural hiu paus di sekitar lokasi tersebut. "Ini bantuan dari Bank Indonesia bagian dari bagaimana kita juga tentunya ingin berkontribusi ya terhadap sektor pariwisata di Botubarani ini," ucap Dian Nugraha.

Baca Juga

Ia berharap dengan adanya berbagai bantuan yang diberikan, dapat menambah motivasi dari penduduk sekitar yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Untuk bantuan perahu kata Dian Nugraha, digunakan untuk membawa wisatawan yang datang untuk melihat lebih dekat hiu paus yang sering datang di wilayah itu.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo mengaku takjub dapat berenang bersama dengan dua ekor hiu paus yang berada disana. "Baru saja kita menyelam di Botubarani Gorontalo, kita mendekat dengan hiu paus menakjubkan Subhanallah ini adalah ciptaan Allah di bawah laut sangat-sangat indah," ungkap Dody.

Selain Bank Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango terus berkomitmen untuk mengembangkan objek wisata Hiu Paus di Pantai Botubarani itu. Berbagai fasilitas pendukung dibangun, seperti tempat duduk wisatawan termasuk rencana penyediaan perahu wisata yang lebih aman dan nyaman bagi pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement