Kamis 09 Mar 2023 19:08 WIB

Yogya Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Untuk ketersediaan kebutuhan pokok saat ini masih mencukupi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Warga antre untuk membeli sembako saat Pasar Murah di Kantor Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta, Senin (20/2/2023). Pasar murah yang diadakan oleh Bulog DIY bersama Pemkab Sleman ini menjual sembako dengan harga murah,  seperti beras, Minyakita, tepung terigu, dan gula pasir. Untuk beras ada 17 ton yang akan disebar di 17 titik kecamatan. Pasar murah ini sebagai upaya untuk menekan inflasi dan menjaga ketersediaan stok bahan pangan pokok. Namun, pasar murah ini hanya diperuntukkan untuk warga ber-KTP Sleman dan pembatasan maksimal pembelian beras medium 10 kilogram, beras premium 20 kilogram, gula 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan tepung terigu 5 kilogram.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga antre untuk membeli sembako saat Pasar Murah di Kantor Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta, Senin (20/2/2023). Pasar murah yang diadakan oleh Bulog DIY bersama Pemkab Sleman ini menjual sembako dengan harga murah, seperti beras, Minyakita, tepung terigu, dan gula pasir. Untuk beras ada 17 ton yang akan disebar di 17 titik kecamatan. Pasar murah ini sebagai upaya untuk menekan inflasi dan menjaga ketersediaan stok bahan pangan pokok. Namun, pasar murah ini hanya diperuntukkan untuk warga ber-KTP Sleman dan pembatasan maksimal pembelian beras medium 10 kilogram, beras premium 20 kilogram, gula 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan tepung terigu 5 kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menyiapkan strategi pengendalian inflasi daerah. Utamanya dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadhan.

"Menjelang Ramadhan itu persoalan-persoalan bahan pokok akan tinggi, maka mari kita coba antisipasi dari awal. Kita harus siapkan strategi yang agar inflasi bisa kita kendalikan dengan baik," kata Sumadi dalam High Level Meeting (HLM) TPID Kota Yogyakarta di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (8/3/2023).

Kenaikan harga bahan pokok menjadi siklus tahunan menjelang Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri. Dengan begitu, antisipasi terhadap kenaikan harga bahan pokok ini perlu dilakukan agar inflasi juga tidak semakin naik.

"Perlu memperkuat kerja sama lintas sektor, sehingga menghasilkan kebijakan program yang tepat sasaran agar inflasi tidak naik," ujarnya.