Jumat 10 Mar 2023 12:25 WIB

Ahli Peringatkan Kasus-Kasus Pneumonia Covid-19 Bisa Muncul Kembali

Pneumonia Covid-19 merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh SARS-CoV-2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Kemunculan varian BA.4 dan BA.5 tampaknya mulai kembali memicu kasus pneumonia pada pasien Covid-19.
Foto: www.pixabay.com
Covid-19 (ilustrasi). Kemunculan varian BA.4 dan BA.5 tampaknya mulai kembali memicu kasus pneumonia pada pasien Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, kasus Covid-19 dengan pneumonia tampak lebih rendah dibandingkan di masa-masa awal pandemi. Namun, melihat perkembangan varian-varian baru SARS-CoV-2, para ahli memprediksi bahwa kasus Covid-19 dengan pneumonia bisa kembali meningkat.

Prediksi ini diungkapkan dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal. Melalui studi tersebut, para ahli memprediksi kemungkinan perkembangan gejala Covid-19 yang mungkin muncul tahun ini.

Baca Juga

"Di awal pandemi, gejala-gejala awal yang umum dilaporkan adalah kehilangan indra penciuman dan perasa, diikuti oleh sesak napas dan batuk, lalu disusul oleh cedera vaskular," jelas Dr Strain, seperti dilansir Express, Jumat (10/3/2023).

photo
Teknik pernapasan pelega sesak. - (Republika)

Kemunculan varian BA.4 dan BA.5 tampaknya mulai kembali memicu kasus pneumonia pada pasien Covid-19. Dr Strain mengatakan kasus Covid-19 dengan pneumonia saat ini mulai bermunculan, meski tingkat keparahannya tidak seberat di awal pandemi.

"Saya pikir orang-orang tak menyangka (kedua varian itu) akan kembali menyerang paru-paru," kata Dr Strain.

Covid-19 dengan pneumonia atau pneumonia Covid-19 merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Infeksi ini menyebabkan munculnya cairan dan peradangan di paru-paru.

"Kesulitan bernapas yang terus memburuk merupakan gejala paling umum dari Covid-19 yang berkembang menjadi pneumonia Covid-19," ujar Cleveland Clinic.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ مُوْسٰى رَبَّنَآ اِنَّكَ اٰتَيْتَ فِرْعَوْنَ وَمَلَاَهٗ زِيْنَةً وَّاَمْوَالًا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۗ رَبَّنَا لِيُضِلُّوْا عَنْ سَبِيْلِكَ ۚرَبَّنَا اطْمِسْ عَلٰٓى اَمْوَالِهِمْ وَاشْدُدْ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُوْا حَتّٰى يَرَوُا الْعَذَابَ الْاَلِيْمَ
Dan Musa berkata, “Ya Tuhan kami, Engkau telah memberikan kepada Fir‘aun dan para pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Tuhan kami, (akibatnya) mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Mu. Ya Tuhan, binasakanlah harta mereka, dan kuncilah hati mereka, sehingga mereka tidak beriman sampai mereka melihat azab yang pedih.”

(QS. Yunus ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement