Selasa 14 Mar 2023 06:58 WIB

Kolaborasi Unisba dan SDF  Gelar 'Digital Marketing Training'

Pelatihan bisa membantu para pewirausaha yang merupakan Sahabat Odapus dan Lovi.

Red: Agus Yulianto
Ketua Tim PKM Unisba, Firmansyah, sedang memberikan materi pelatihan tentang digital marketing kepada peserta yang merupakan Odapus dan sahabat Low Vision di kantor SDF, Bandung, Sabtu (11/3). 
Foto: Istimewa
Ketua Tim PKM Unisba, Firmansyah, sedang memberikan materi pelatihan tentang digital marketing kepada peserta yang merupakan Odapus dan sahabat Low Vision di kantor SDF, Bandung, Sabtu (11/3). 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Guna membantu para pewirausaha dalam melakukan kampanye sosial dan pemasaran produk membuat Tim Pengabdian kepada Masyarat (PKM) Universitas Islam Bandung (Unisba) melakukan kegiatan pelatihan media digital bagi pewirausaha yang bergabung di Yayasan Syamsi Dhuha atau Syamsi Dhuha Foundationa (SDF). Kegiatan pelatihan ini bertema Pendampingan “Peningkatan Social Entrepreneur di Media Digital Pada Pewirausaha Odapus dan Low Vision” pada Sabtu (11/3) di Kantor SDF, Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta yang merupakan Orang dengan Lupus (Odapus) dan Low Vision (orang dengan keterbatasan pandangan) yang merupakan anggota SDF. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an serta sambutan oleh Dian Syarief selaku Ketua SDF dan ketua Tim pengabdi dari Fikom Unisba, Firmansyah. 

“Kami berharap kegiatan pelatihan ini bisa membantu para pewirausaha yang merupakan Sahabat Odapus dan Lovi sehingga bisa meningkatkan penjualan produk usaha mereka,” kata Firmansyah dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id. 

Setelah pembukaan, para peserta mengikuti kegiatan pre-test sebelum diberi materi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui mengenai pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai materi yang akan disampaikan. Pada akhir kegiatan, dilakukan post-test dengan soal yang sama untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta setelah mendapatkan pelatihan.  

Terdapat lima sesi dalam kegiatan yang berlangsung hingga sore hari. Kelima sesi tersebut masing-masing dibawakan oleh para dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba, yaitu Septiawan Santana K (literasi media digital),  Arba'iyah Satriani (kampanye digital), Ratri Rizki Kusumalestari (konten dalam kampanye digital), Firmansyah (digital marketing) dan Andalusia Neneng Permatasari (storytelling dalam digital marketing). 

Untuk memberikan pengalaman yang lebih nyata, dalam kegiatan ini dihadirkan pula praktisi yang berhasil dalam melakukan kegiatan digital marketing dengan produknya, yaitu Elsini Febrianti selaku pemilik Elsini Learning Corner & Puddinggu.

 “Taruhlah hati dan cintailah setiap pekerjaanmu. Karena dalam keadaan sesulit apapun, kita akan terus mempertahankan, merawat, dan menjaganya seperti kita mencintai seseorang,” ujar  Elsini saat memberikan motivasi kepada para peserta.

Usai pemaparan materi, dilanjutkan dengan  sesi tanya jawab dan diskusi yang dilakukan oleh para peserta bersama dengan dosen dan praktisi terkait semua materi yang disampaikan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement