Rabu 15 Mar 2023 05:04 WIB

Umar bin Khattab Mampu Telepati dari jarak Hampir 2.000 KM, Pasukan Islam Kalahkan Persia

Umar bin Khattab dikenal mempunyai banyak karamah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Umar ibn Khatab (ilustrasi).  http://republika.co.id/berita//rqupy8320/muhammadiyah-resmi-beli-gereja-di-spanyol-yang-juga-bekas-masjid-era-abbasiyah   
Foto: wikipedia
Umar ibn Khatab (ilustrasi). http://republika.co.id/berita//rqupy8320/muhammadiyah-resmi-beli-gereja-di-spanyol-yang-juga-bekas-masjid-era-abbasiyah  

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Khalifah Umar bin Khattab adalah salah satu pemimpin yang adil dan terkenal dalam sejarah Islam. Dia dikenal tegas dalam memerintah. Namun di balik itu ternyata dia memiliki kemampuan luar biasa dari manusia kebanyakan.

Hal tersebut terungkap dalam kitab Al-Bidayah wa al-Nihayah karya Imam Ibnu Katsir. Pada tahun 645 M/23 H, di masa kekhalifahan Umar bin Khattab, terjadi peperangan antara pasukan kaum Muslimin dan Persia, di Nahawand, yang sekarang masuk wilayah Iran. Nahawand adalah salah satu daerah terpenting Persia.

Baca Juga

Pasukan Muslim dipimpin Sariyah bin Zunaim yang berasal dari Bani Kinana. Di tengah pertempuran, pasukan Muslim terjebak dan terkepung di sebuah lembah.

Dalam situasi yang genting itu, tiba-tiba Sariyah mendengar suara Amirul Mukminin yang berkata, "Ya Sariyah bin Zunaim, gunung! Ya Sariyah bin Zunaim, gunung!...."