Rabu 15 Mar 2023 13:02 WIB

Presiden Korsel: Kerja Sama Dengan Jepang Sangat Penting untuk Hadapi Korut

Kerja sama Korsel-Jepang sangat penting dalam menghadapi ancaman Korut

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan kerja sama dengan Jepang sangat penting dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut)
Foto: AP /Lee Jin-man
Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan kerja sama dengan Jepang sangat penting dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan kerja sama dengan Jepang sangat penting dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut) dan melindungi rantai pasokan. Ia mendesak agar politik domestik tidak merusak hubungan dua negara.

Pernyataan ini ia sampaikan dalam wawancara tertulis dengan media internasional sebelum ia berangkat ke Tokyo untuk bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam kunjungan pertama pemimpin Korsel ke Jepang dalam 12 tahun.

Baca Juga

Kunjungan ini direncanakan setelah pekan lalu Korsel mengumumkan akan membayar kompensasi korban kerja paksa selama penjajahan Jepang dari 1910 sampai 1945. Seoul mencoba mengakhiri perselisihan dengan Tokyo untuk menghadapi ancaman Cina dan Korut.

"Kebutuhan Korea dan Jepang bekerja sama naik di masa poli krisis saat ini, ancaman rudal dan nuklir Korea Utara meningkat dan rantai pasokan global terganggu, kami tidak bisa membuang waktu membiarkan ketegangan hubungan Korea-Jepang," kata Yoon, Selasa (14/3/2023).