Masyarakat Padang Besi Gelar Tradisi Malamang Menyambut Ramadhan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 16 Mar 2023 15:23 WIB

Warga Kelurahan Padang Basi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, melaksanakan tradisi Malamang, Kamis (16/3/2023)  untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Masyarakat Padang Besi Gelar Tradisi Malamang Menyambut Ramadhan Foto: Republika/Febrian Fachri Warga Kelurahan Padang Basi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, melaksanakan tradisi Malamang, Kamis (16/3/2023) untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Masyarakat Padang Besi Gelar Tradisi Malamang Menyambut Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Berbagai tradisi dilaksanakan masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadhan di Sumatra Barat. Salah satunya tradisi Malamang. Tradisi ini digelar oleh masyarakat RW 5 Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Kamis (16/3/2023).

Lamang merupakan salah satu makanan tradisional Minangkabau, yakni makanan yang terbuat beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang.

Baca Juga

"Bahan yang kita siapkan beras ketan dan santan. Diberi garam lalu dimasukkan ke dalam buluh (bambu)," kata warga Padang Besi, Vivi Sofiani.

Hal pertama dilakukan ibu-ibu peserta Malamang ini adalah memasukkan daun pisang ke dalam bambu talang yang sudah dilubangi. Di samping itu, ada juga ibu-ibu yang merendam ketan di dalam air. Lalu menyiapkan santan yang dicampuri garam secukupnya.