REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tahun ini, Aleza menghadirkan sesuatu yang baru dan segar, yaitu "The Pandora". Ini adalah proyek kolaboratif dengan desainer Indonesia untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam membuat karya seni untuk dijadikan menjadi sebuah koleksi busana Hari Raya.
Managing Director Aleza, Dia Demona, menyebut bagi sebagian perempuan, memiliki baju karya seorang desainer adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, Aleza berusaha untuk mengakomodir keinginan tersebut.
"Inilah ide awal yang melatarbelakangi kolaborasi Aleza dengan tiga desainer top Indonesia, yakni Barli Asmara, Happa, dan Rama Dauhan," ungkap Dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/3/2023).
Aleza menyediakan versi ready to wear untuk ketiga karya desainer tersebut agar dapat dimiliki pelanggannya di seluruh Indonesia. Koleksi dari tiga desainer ini menghadirkan nuansa yang berbeda dan unik sehingga para perempuan bisa memilih koleksi sesuai dengan gaya mereka.
"Ketiga desainer ini dipilih karena memiliki karakter yang kuat dalam setiap rancangannya sehingga kami percaya kalau koleksinya akan memberikan warna baru terhadap produk yang akan dijual Aleza pada lebaran kali ini," tutur Dia.
Koleksi Barli Asmara for Aleza mengangkat tema New Retro dengan nuansa yang vintage dan feminin. Koleksi ini didominasi dengan warna earthy tone dengan bahan textured chiffon, rayon dobby, voile, dan katun dobby. Total ada 15 look yang diberikan kepada Aleza untuk diproduksi.
Creative Director Barli Asmara, Leslie Tobing mengungkapkan di bulan Juni 2022, Aleza mencetuskan ide untuk menciptakan kolaborasi. Dari awal pertemuan, Barli Asmara sudah merasakan chemistry yang kuat dengan label Aleza dan langsung mendapatkan gambaran umum garis merah dari penggabungan design aesthetics kedua label.
Dari sana, proses kreatif untuk menciptakan koleksi kolaborasi berlangsung cukup cepat. Dengan etos kerja dan semangat yang sama antara kedua label, desain final sudah terwujud pada Agustus 2022.
"Namun, serunya proses kreatif ini terus berlanjut, dari perencanaan foto dan video campaign, bahkan sampai sebelum hari show dilangsungkan, karena pastinya Barli Asmara dan Aleza ingin memberikan yang terbaik untuk para pencinta label Aleza dan Barli Asmara," ujar Leslie.