Sabtu 18 Mar 2023 09:19 WIB

Cek Uang Kuliah UGM Tahun 2023, Ada SSPU tapi Ada yang Gratis

UKT di UGM terdiri atas dua macam.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menerapkan<a href= UKT Pendidikan Unggul dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi untuk calon mahasiswa tahun 2023. Foto : republika" />
Universitas Gadjah Mada (UGM) menerapkan UKT Pendidikan Unggul dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi untuk calon mahasiswa tahun 2023. Foto : republika

Kampus—Sobat Kampus ingin masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ini ? Sudah tahu berapa uang kuliah untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan UGM tahun 2023 ? Ada sejumlah perubahan uang kuliah di UGM dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di antaranya SSPU untuk mahasiswa jalur mandiri.

UGM menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Ujian Mandiri UGM (UM-UGM) tahun akademik 2023/2024. UKT di UGM terdiri atas dua macam, yaitu UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM.

Dikutip dari laman um.ugm.ac.id/, UKT Pendidikan Unggul UGM ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100%, 75%, 50%, atau 25% dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

UKT kelompok 1 dan 2 sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan diberikan subsidi 100% (tidak dikenakan biaya).