Ahad 19 Mar 2023 23:55 WIB

Cara Cek Apakah iPhone Anda Sudah Harus Ganti Baterai

Ada kalanya mengganti baterai bukan solusi atas masalah kinerja iPhone.

Rep: Reiny Aryo/ Red: Partner
.
Foto: network /Reiny Aryo
.

Sederet<a href= iPhone 14 dipajang di Apple Store salah satu mal di Beijing, Cina, 7 November 2022. Penggantian baterai dalam beberapa kasus memang dibutuhkan untuk mengembalikan kinerja iPhone. EPA-EFE/WU HAO" />
Sederet iPhone 14 dipajang di Apple Store salah satu mal di Beijing, Cina, 7 November 2022. Penggantian baterai dalam beberapa kasus memang dibutuhkan untuk mengembalikan kinerja iPhone. EPA-EFE/WU HAO

JAKARTA -- Baterai iPhone rilisan dua tahun terakhir sebetulnya dirancang untuk mempertahankan 80 persen kapasitasnya bahkan setelah 500 siklus pengisian daya (pengisian dan pengosongan). Lain halnya untuk iPhone yang agak lawas.

Mengganti baterai tidak hanya akan meningkatkan cadangan baterainya, tetapi juga menunjang kinerjanya. Lalu, kapan harus ganti baterai baru?

Seperti baterai Li-ion lainnya, baterai iPhone juga cenderung kehilangan kapasitasnya seiring waktu. IPhone akan turun kinerjanya, salah satunya ditandai dengan leletnya peluncuran aplikasi dan lambatnya frame rate saat scrolling.

Hal ini terjadi karena baterai pada iPhone mungkin tidak mampu memberikan daya yang cukup untuk prosesor. Prosesor jadi underclock.

Selain itu, kapasitas baterai dipastikan telah menurun dan perlu diganti kalau ponsel butuh sering di-charge.Sebaliknya, apa pertanda tidak perlu ganti baterai?

Dikutip dari Indian Express, Ahad (19/3/2023), jika di iPhone yang menjalankan iOS 16 atau mode yang lebih baru tertera "kemampuan kinerja puncak", maka baterai tidak perlu diganti. Demikian pula jika kesehatan baterai masih di atas 80 persen.

Kalau kesehatan baterai iPhone sudah kurang dari 80 persen dan waktu layar jadi lebih singkat, ini mungkin waktu terbaik untuk mengganti baterai. Demikian juga jika aplikasi menjadi sering crash atau frame drop.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement