Senin 20 Mar 2023 00:35 WIB

BMW dan Volkswagen Kucurkan Modal Gila-Gilaan di Mobil Listrik Demi Saingi Tesla

Produsen otomotif sangat serius mengamati perkembangan mobil listrik Tesla.

Red: Firkah fansuri
Mobil listrik Tesla dipajang di salah satu show room di Walnut Creek, California, USA, 17 Februari 2023. Foto ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Mobil listrik Tesla dipajang di salah satu show room di Walnut Creek, California, USA, 17 Februari 2023. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,BERLIN - Dua perusahaan otomotif raksasa asal Jerman, Volkswagen (VW) dan BMW bertekad menyaingi Tesla dengan mobil-mobil bertenaga listriknya, tanpa menghiraukan biaya yang harus dikucurkan.

Satu dekade yang lalu, Tesla adalah jenama otomotif baru dengan hanya satu model yang “berkhotbah” mengenai isu nol emisi di saat masyarakat rata-rata belum siap untuk menerima inovasi mutakhir itu.

Baca Juga

Namun kini, para konsumen dan produsen kendaraan lainnya menanggapi Tesla dengan sangat serius.

 Begitu serius hingga dua produsen otomotif  terbesar dan paling terkenal, BMW dan Volkswagen, menyalurkan miliaran dolar AS ke dalam program mobil listrik untuk mengimbangi perusahaan baru Amerika itu.

BMW, tentu saja, berada di garda depan revolusi EV modern dengan subkompak i3 yang diperkenalkan pada tahun 2013. Namun BMW tidak pernah benar-benar memanfaatkan keunggulan tersebut, dan lebih memilih untuk fokus pada mobil hybrid daripada mengembangkan keluarga electric vehicle (EV).