Kamis 23 Mar 2023 17:41 WIB

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa, Benarkah Bisa Bikin Batal Puasa?

Sikat gigi saat puasa hukumnya makruh.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Sikat gigi saat sedang berpuasa hukumnya boleh selama tidak ada yang ditelan.
Sikat gigi saat sedang berpuasa hukumnya boleh selama tidak ada yang ditelan.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bau mulut orang yang berpuasa terkadang tidak menyenangkan. Karena itu salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menggosok gigi. Namun, timbul pertanyaan apakah menggosok gigi bisa membatalkan puasa?

Anggota Fatwa Dar al Ifta Mesir, Syekh Uwaidah Utsman menjelaskan, orang yang berpuasa boleh bersiwak atua sikat gigi menggunakan pasta gigi saat berpuasa Ramadhan. Namun tentu saja ada syaratnya. "Asalkan orang yang berpuasa itu berhati-hati agar pasta giginya tidak masuk ke perut," tutur dia seperti dilansir Shorouk News, seperti dinukil dari Republika.co.id.

BACA JUGA: Niat Sholat Tahajud, Dilengkapi Doa, Tata Cara, dan Jumlah Rakaat

Seperti sabda Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, "Semua amal Anak Adam adalah miliknya kecuali puasa, karena puasa itu milik-Ku dan Aku akan membalasnya. Dan Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada minyak kesturi." (Mutafaq Alaih)

Imam Syafi'i berpendapat penggunaan sesuatu apa pun yang menghilangkan bau mulut orang yang berpuasa, hukumnya adalah makruh jika telah melewati waktu Dzuhur hingga sore hari. Madzhab Hanbali juga menghukumi makruh terhadap perbuatan tersebut. Sementara, menurut Mazhab Hanafi dan Mazhab Maliki, mereka berpendapat bahwa bersiwak bagi yang berpuasa tidaklah makruh secara mutlak di waktu kapan pun yang diinginkan.

BACA JUGA: Bolehkah Menerima Takjil untuk Buka Puasa Ramadhan dari Orang Kafir (Non-Muslim)?

Para ulama sepakat, menggosok gigi dan berkumur-kumur saat sedang berpuasa tidak membatalkan puasa, selama tidak ditelan dan melewati tenggorokan.

Syekh Muhammad bin Qasim Al-Ghazi menyebutkan dalam kitabnya Fathul Qarib:

وَيُطْلَقُ السِّوَاكُ أَيْضًا عَلَى مَا يَسْتَاكُ بِهِ مِنْ أَرَاكٍ وَنَحْوِهِ

“Siwak adalah menggosok gigi dengan kayu arak atau sejenisnya.” Dari keterangan tersebut, maka selain kayu arak pun bisa dinilai bersiwak.

BACA JUGA: Mandi Wajib Habis Adzan Subuh Apakah Puasa Ramadhannya Sah?

Dikutip dari About Islam pada Rabu (13/4/2022), Nabi Muhammad (SAW) memerintahkan para sahabatnya menggunakan siwak dalam membersihkan gigi mereka dan terus menggunakannya saat berpuasa. Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Amir ibn Rabi`ah.

"Saya telah melihat Rasulullah (SAW) menggunakan tusuk gigi (siwak) saat dia berpuasa lebih sering daripada yang bisa saya hitung."

BACA JUGA: Menu Sahur Ramadhan 2023: Resep Gabus Pucung, Bahan, Bumbu, dan Cara Memasaknya

Kayu arak direkomendasikan untuk Anda yang ingin bersiwak. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membersihkan gigi dan mulut dengan barang-barang lainnya. Ini termasuk menyikat gigi dengan pasta gigi. Apalagi bersiwak hukumnya sunnah seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

السِّوَاكَ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِّ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridha Allah,” (H.R Ahmad, shahih).

Ustadz Abdul Somad dalam satu ceramahnya mengatakan hukum menggosok gigi saat sedang berpuasa, “Dianjurkan menggunakan siwak sebelum zawal (tergelincirnya matahari). Lewat dari zawal, ahli fiqih mengatakan makruh menggosok gigi.”

BACA JUGA: Download Video TikTok Pakai HP dengan SSSTikTok, No Watermark, Video Jernih

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement