Puasa Bertepatan dengan Musim Pancaroba, Berikut 4 Tips Biar Tetap Bugar

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Jumat 24 Mar 2023 06:05 WIB

Puasa (ilustrasi). Ibadah puasa tahun ini bertepatan dengan musim pancaroba. Untuk itu, penting bagi umat Islam untuk menjaga diri agar tetap sehat selama berpuasa. Foto: republika/mgrol101 Puasa (ilustrasi). Ibadah puasa tahun ini bertepatan dengan musim pancaroba. Untuk itu, penting bagi umat Islam untuk menjaga diri agar tetap sehat selama berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim pancaroba di Indonesia. Mengingat ada beragam risiko penyakit pada musim pancaroba, penting bagi umat Islam untuk menjaga diri agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

"Musim pancaroba telah membuat penyebaran penyakit terjadi jauh lebih cepat," kata Chief of Medical Halodoc, dr Irwan Heriyanto MARS, melalui surel HaloINFO yang diterima Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Penyebaran penyakit bisa terjadi lebih cepat karena musim pancaroba memiliki iklim yang cocok untuk patogen bertahan hidup. Suhu, kelembapan, paparan sinar matahari, pH hingga salinitas yang ideal membuat organisme patogen mampu bertahan hidup di luar inang.

"Ketika organisme patogen lebih mampu bertahan hidup, penyebarannya pun juga lebih mudah," kata dr Irwan.