Jumat 24 Mar 2023 22:18 WIB

Bikin Akun Medsos Khusus untuk Anak, Pahami Dulu 4 Hal Penting Ini

Orang tua perlu merefleksikan dulu tujuan dan/atau alasan membuat medsos khusus anak.

Red: Qommarria Rostanti
Aplikasi Instagram (ilustrasi). Orang tua setidaknya harus memahami empat hal penting sebelum membuat akun media sosial untuk anak.
Foto: Webster2703 via Pixabay
Aplikasi Instagram (ilustrasi). Orang tua setidaknya harus memahami empat hal penting sebelum membuat akun media sosial untuk anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membagikan momen tumbuh kembang anak di media sosial (medsos) atau yang dikenal dengan istilah sharenting banyak dilakukan oleh orang tua. Seiring sharenting yang semakin menjadi hal normal di masyarakat, sebagian orang tua tertarik membuatkan akun medsos khusus, misalnya di Instagram.

Pendidik anak usia dini di Rumah Main Cikal, Ina Winangsih, mengatakan orang tua harus memperhatikan berbagai hal penting yang perlu diterapkan terkait privasi anak. Apa saja hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga

1. Tetapkan tujuan atau alasan membuat akun medsos anak 

Dalam membuat atau mendedikasikan akun medsos khusus anak, orang tua alangkah baiknya merefleksikan dahulu tujuan dan/atau alasan membuat medsos anak. Jika anak sudah memungkinkan atau sudah paham untuk diajak berdialog dan dimintai pendapatnya, maka tanyakan pendapat anak dan biarkan anak memilih sesuai dengan kenyamanannya.