Sering Sakit Tenggorokan Saat Ramadhan? Cegah dengan Cara Ini

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 26 Mar 2023 12:30 WIB

Dokter memeriksa leher pasiennya (Ilustrasi). Sakit tenggorokan saat berpuasa dapat dicegah. Foto: www.freepik.com Dokter memeriksa leher pasiennya (Ilustrasi). Sakit tenggorokan saat berpuasa dapat dicegah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit tenggorokan termasuk gangguan kesehatan yang umum terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Penyebabnya antara lain infeksi bakteri atau kuman, kurang minum, gangguan asam lambung, hingga rangsangan tertentu pada tenggorokan.

Misalnya, konsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu dingin, atau terlalu panas. Dokter Gia Pratama menyampaikan cara untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan sekaligus menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan selama berpuasa.

Baca Juga

"Penting untuk menjaga kebersihan tenggorokan dan rongga mulut secara rutin selama berpuasa," ungkap Gia pada sesi bincang santai bertajuk "#JanganBerhenti Sedia Kebaikan Bersama Betadine" beberapa waktu silam.

Gia menyampaikan, cara menjaga kesehatan tenggorokan dan rongga mulut selama Ramadhan yakni dengan mencermati jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Fungsinya, untuk menjaga kondisi flora normal (bakteri baik) di dalam mulut.