Selasa 28 Mar 2023 15:57 WIB

Sertifikasi Halal Kian Mudah lewat Sistem Aplikasi

Indonesia memiliki target untuk melakukan sertifikasi halal secara menyeluruh.

Rep: Eric Iskandar/ Red: Partner
.
Foto: network /Eric Iskandar
.

JAKARTA--Produk makanan yang halal merupakan salah satu hal yang jadi perhatian. Mengingat, sejumlah masyarakat meyakini makanan yang halal merupakan makanan yang sehat.

Oleh karena itu, Indonesia memiliki target untuk melakukan sertifikasi halal secara menyeluruh. Target itu pun didorong lewat pembentukan Asosiasi Lembaga Pemeriksa Halal Indonesia (ALPHI). Asosiasi itu pun didukung oleh PT Sucofindo yang bertindah sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama.

Kepala Unit Halal Sucofindo, Agus Suryanto mengatakan, Sucofindo adalah LPH Utama pertama yang memiliki cakupan wilayah kerja nasional dan internasional. Oleh karena itu, peran Sucofindo sebagai LPH Utama mampu mendorong pelaku usaha memperluas ke pasar ekspor.

“Selain itu, Sucofindo juga mampu memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk luar yang diimpor,” kata Agus, Selasa (28/3/2023).

Di satu sisi, untuk mendukung implementasi sertifikasi halal, Sucofindo juga menghadirkan layanan digital yaitu aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH). Menurutnya, aplikasi SAHIH terintegrasi dengan aplikasi dalam Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

"Sehingga pelaku usaha cukup sekali mengisi dan mengunggah data dan informasi persyaratan permohonan sertifikasi halal ke aplikasi SIHALAL dan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH. Setelah dokumen diperiksa oleh BPJPH dan diteruskan ke Sucofindo," ujarnya.

Selanjutnya data dan informasi tersebut digunakan dalam proses pemeriksaan kehalalan produk sampai pelaporan dan diproses menggunakan SIHALAL. Dengan begitu, ia meyakini layanan digital ini bisa sangat memudahkan pelaku usaha.

Di satu sisi, Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas mengatakan, kehadiran ALPHI ini sejalan dengan komitmen Sucofindo dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia serta mendukung pencapaian target pemerintah menuju Pusat Halal Dunia di tahun 2024.

“Sebagai LPH Utama, Sucofindo siap mendukung terbentuknya Asosiasi LPH Indonesia dan kami pun turut berpartisipasi dalam proses pendirian ALPHI ini. Ini merupakan komitmen kami mewujudkan ekosistem halal di Indonesia dengan dukungan laboratorium serta peralatan uji halal yang mumpuni serta kualitas SDM yang telah terakreditasi,” kata Darwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement