Rabu 29 Mar 2023 05:34 WIB

Fakta-Fakta Humza Yousaf, Muslim Pertama yang Pimpin Skotlandia

Yousaf lahir dan besar di Glasgow dalam keluarga kelas pekerja.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Partner
.
.

Pemimpin baru Partai Nasional Skotlandia (SNP) dan mantan menteri kesehatan<a href= Humza Yousaf berbicara setelah dia diumumkan menang di Stadion Murrayfield di Edinburgh, Skotlandia, Inggris, 27 Maret 2023. Humza menggantikan menteri pertama sebelumnya Nicola Sturgeon. Fakta-Fakta Hamza Yousaf, Muslim Pertama yang Pimpin Skotlandia. Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY" />
Pemimpin baru Partai Nasional Skotlandia (SNP) dan mantan menteri kesehatan Humza Yousaf berbicara setelah dia diumumkan menang di Stadion Murrayfield di Edinburgh, Skotlandia, Inggris, 27 Maret 2023. Humza menggantikan menteri pertama sebelumnya Nicola Sturgeon. Fakta-Fakta Hamza Yousaf, Muslim Pertama yang Pimpin Skotlandia. Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY

MAGENTA -- Pertama kalinya dalam sejarah, seorang Muslim keturunan Pakistan Humza Yousaf (37 tahun) menjabat sebagai Menteri Pertama Skotlandia yang baru. ia menjadi Muslim pertama dan orang kulit berwarna pertama yang memimpin pemerintahan semi-otonom Partai Nasional Skotlandia (SNP).

Dia juga menjadi Muslim pertama yang memimpin sebuah negara di Eropa Barat. Dia memenangkan pemilihan kepemimpinan SNP pada Senin dan menggantikan Nicola Sturgeon sebagai pemimpin tertinggi Skotlandia.

“Saya akan menjadi Menteri Pertama untuk seluruh Skotlandia. Saya akan bekerja setiap menit setiap hari untuk mendapatkan dan mendapatkan kembali rasa hormat dan kepercayaan Anda,” kata Yousaf dalam pidato penerimaannya, dilansir di TRT World, Selasa (28/3/2023).

Yousuf akan dilantik pada Rabu, kurang dari enam bulan setelah Rishi Sunak, keturunan India, menjadi perdana menteri Inggris. “Dari Punjab ke parlemen kami, ini adalah perjalanan untuk generasi kami,” kata Yousaf dalam pidato kemenangannya kepada anggota partai dan para pengikutnya di ibu kota Skotlandia, Edinburgh, merujuk pada akarnya di Asia Selatan.