Kamis 30 Mar 2023 17:11 WIB

Uni Eropa Naikan Target Penggunaan Energi Terbarukan

Target penggunaan energi terbarukan akan dinaikkan menjadi 45 persen.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Energi terbarukan/ilustrasi.
Foto: abc
Energi terbarukan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa mencapai kesepakatan sementara mengenai target energi terbarukan. Pilar penting rencana blok itu dalam mengatasi pemanasan global dan menghentikan ketergantungan pada bahan bakar fosil Rusia.

Pada Kamis (30/3/2023) negosiator di Parlemen dan Dewan Eropa yang mewakili negara anggota Uni Eropa sepakat pada tahun 2030 mendatang 42,5 persen sumber energi blok itu berasal dari energi terbarukan seperti angin dan surya. Kemungkinan dapat ditingkatkan menjadi 45 persen.

Baca Juga

Target sebelumnya hanya 32 persen. Pada tahun 2021 lalu Uni Eropa mencapai target 22 persen tapi tingkatnya berbeda-beda di setiap negara. Swedia menjadi yang terdepan dengan target 63 persen sumber energinya dari energi terbarukan. Sementara Luksemburg, Malta, Belanda dan Irlandia menargetkan kurang dari 13 persen.

Peralihan ke energi terbarukan sangat penting bila Uni Eropa hendak memenuhi target perubahan iklim. Termasuk target yang diikat secara hukum untuk memangkas emisi rumah kaca hingga 55 persen pada tahun 2030 dari tingkat tahun 1990.