Semangat Non-Muslim yang Ikut Berpuasa pada Bulan Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 31 Mar 2023 08:45 WIB

Semangat non-Muslim yang Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan. Foto:  Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Semangat non-Muslim yang Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI — Ramadhan adalah bulan spiritual yang melambangkan dedikasi, refleksi, dan disiplin. Pada bulan suci ini, umat Muslim merenungkan apa yang telah dilakukannya sepanjang tahun ini, kemudian mulai meningkatkan perjalanan spiritual mereka.

Semangat Ramadhan di Uni Emirat Arab (UEA) tampaknya juga merasuki ekspatriat non-Muslim. Banyak dari mereka yang juga ikut menyemarakkan Ramadhan dengan berpuasa bersama.

Baca Juga

Salah satunya yang dilakukan oleh mahasiswa Belanda, Jayden Vermeulen (16 tahun), yang sudah ikut berpuasa selama empat tahun pada bulan Ramadhan.

“Saya menantikan ini. Banyak teman saya yang beragama Islam dan saya suka berpuasa bersama mereka. Ini adalah cara saya menunjukkan rasa hormat kepada negara tempat saya tinggal dan teman-teman saya. Tetapi, lebih dari segalanya, puasa membantu saya untuk memperlambat dan memiliki banyak kedamaian mental,” ujar Vermeulen dilansir dari Gulf News, Jumat (31/3/2023).