Kerupuk Kuah, Makanan Khas Saat Berbuka Puasa di Bukittinggi

Red: Fuji Pratiwi

Ahad 02 Apr 2023 20:47 WIB

Pekerja menjemur kerupuk (ilustrasi). Kerupuk kuah jadi penyempurna makanan berbuka puasa bagi warga Bukittinggi, Sumatra Barat. Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah Pekerja menjemur kerupuk (ilustrasi). Kerupuk kuah jadi penyempurna makanan berbuka puasa bagi warga Bukittinggi, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Kerupuk kuah menjadi makanan sederhana yang banyak dinikmati warga di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat saat berbuka saat Ramadhan 1444 Hijrah atau 2023 Masehi.

"Setiap waktu berbuka, selain menyediakan minuman segar, saya hampir setiap harinya membeli kerupuk kuah ini, itu seperti penyempurna makanan saja," kata salah seorang warga, Pajok (45 tahun) di Bukittinggi.

Baca Juga

Menurutnya, beragam makanan ringan dan masakan terlihat muncul di waktu Ramadhan. Namun semua seakan tidak lengkap jika belum mencicipi kerupuk kuah yang populer saat bulan puasa di Sumatra Barat.

Kerupuk kuah memang hanyalah sejenis panganan sederhana yang terdiri dari bahan utamanya keripik ubi yang sudah digoreng kemudian dioleskan kuah khas seperti kuah sate dan selanjutnya ditaburkan bihun atau mie kuning yang telah diracik dengan bumbu. Ia menyebut dengan harga yang murah, kerupuk kuah menjadi favorit menu berbuka puasa dengan seluruh keluarga.