Ahad 02 Apr 2023 20:53 WIB

Pemprov Kalimantan Tengah Bantu Penanganan Dampak Banjir di Kapuas

pemerintah menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi banjir di Kalimantan.
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Ilustrasi banjir di Kalimantan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah membantu penanganan dampak bencana banjir di bagian wilayah Kabupaten Kapuas.

"Untuk penanganan banjir ini, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah sudah memasang tenda dapur umum di Desa Pujon," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Ahad (2/4/2023).

Baca Juga

Selain itu, pemerintah menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir.

"Untuk warga yang terdampak masalah kesehatan telah ditangani dengan baik, ada 39 warga yang menjalani penanganan kesehatan rawat jalan," katanya.

Nuryakinmengatakan bahwa pemerintah juga sudah menyalurkan bantuan makanan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Pujon dan Desa Merapit di Kecamatan Kapuas Tengah.

"Sudah membagikan makanan kepada korban bencana banjir pada siang dan sore hari kemarin sebanyak 500 paket makanan dengan mendatangi rumah-rumah warga di Desa Pujon dan Marapit," katanya.

Ia mengatakan bahwa selainBPBPKProvinsi Kalimantan Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas, TNI dan Polri, dinas terkait, dan komunitas relawan juga sudah menurunkan personel untuk menangani dampak banjir.

Menurut dia, Kepolisian Resor Kapuas menyalurkan paket bantuan sembako bagi warga yang rumahnya kebanjiran.

Berdasarkan pantauan petugas di lapangan, ia mengatakan, tinggi genangan di wilayah Desa Pujonsudah mulai surut meski masih ada bagian jalan yang tergenang setinggi 10 sampai 50 cm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement