Senin 03 Apr 2023 03:35 WIB

Doa Sholat Tahajud Beserta Niat, Keistimewaan, dan Bacaan Istighfar

Sholat tahajud dikerjakan seperti sholat sunnah pada umumnya.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Partner
.
.

Warga saat akan melaksanakan shalat maghrib usai berbuka puasa di Masjid Jami Keramat Luar Batang, Jakarta Utara, Senin (27/3/2023). Doa<a href= Sholat Tahajud Beserta Niat, Keistimewaan dan Bacaan Istighfar. Sumber: Republika/Thoudy Badai" />
Warga saat akan melaksanakan shalat maghrib usai berbuka puasa di Masjid Jami Keramat Luar Batang, Jakarta Utara, Senin (27/3/2023). Doa Sholat Tahajud Beserta Niat, Keistimewaan dan Bacaan Istighfar. Sumber: Republika/Thoudy Badai

MAGENTA -- Sholat tahajud ialah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam; sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah sholat isya sampai terbit fajar.

Sholat di waktu malam hanya dapat disebut sholat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi, apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan sholat tahajud, tetapi sholat sunnah biasa seperti witir dan sebagainya. Sholat tahajud dikerjakan seperti sholat sunnah pada umumnya, yang membedakan hanya niatnya.

Dikutip dari Panduan Shalat Praktis dan Lengkap oleh Ust. Syaifurrahman El-Fati, sudah diketahui bahwa waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya sampai subuh. Namun, ada saat-saat utama, lebih utama, dan paling utama. Waktu malam yang panjang itu, dapat kita bagi menjadi tiga bagian.

Waktu sholat tahajud

a. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira pukul 19.00-22.00. Ini saat utama.