Lapas Gorontalo Gencarkan Pembinaan Agama Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 03 Apr 2023 13:23 WIB

Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berjalan keluar masjid usai mengikuti doa dan zikir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA UPT Kanwil Kemenkumham di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (30/7/2022). Lapas Gorontalo Gencarkan Pembinaan Agama Selama Ramadhan Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berjalan keluar masjid usai mengikuti doa dan zikir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA UPT Kanwil Kemenkumham di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (30/7/2022). Lapas Gorontalo Gencarkan Pembinaan Agama Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo, Unit Pelaksana Teknik (UPT) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo menggiatkan pembinaan keagamaan terhadap warga binaan selama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Gorontalo Kasdin Lato mengatakan kegiatan keagamaan yang dilakukan itu, di antaranya belajar mengaji, tadarus, tausiyah, dan buka puasa bersama. Ia menjelaskan selama bulan Ramadan, kegiatan bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan lebih ditingkatkan, terlebih untuk pendidikan Alquran.

Baca Juga

"Setiap hari dilakukan pendampingan dari Kementerian Agama dengan menghadirkan penyuluh agama Islam kurang lebih 30 orang yang datang di Lapas Kelas IIA Gorontalo," ujar Kasdin, Senin (3/4/2023).

Menurut dia, kegiatan keagamaan ini merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh warga binaan dan merupakan program dari pemerintah pusat. "Jadi mereka wajib mengikuti kegiatan pembinaan untuk mendapatkan hak-hak mereka," kata dia.

Dalam satu pekan ini, kata dia, program pembinaan keagamaan tersebut dilakukan sebanyak empat kali pada setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 09.00-10.00 WITA. "Kegiatan lain juga tetap dilakukan, seperti sholat berjamaah hingga buka puasa bersama yang dilakukan setiap hari," ujar Kasdin.

Terpopuler