Tips Mudik Aman dan Nyaman

Rep: Santi Sopia/ Red: Gita Amanda

Senin 03 Apr 2023 23:45 WIB

SVP of Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari (kanan) bersama Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa (kiri) memberikan paparan pada kegiatan program Ramadhan Tiket.com di Jakarta, Senin (3/4/2023). Tiket.com meluncurkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan mudik dan liburan pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto SVP of Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari (kanan) bersama Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa (kiri) memberikan paparan pada kegiatan program Ramadhan Tiket.com di Jakarta, Senin (3/4/2023). Tiket.com meluncurkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan mudik dan liburan pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan bulan Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat sudah diperbolehkan pulang ke kampung halaman saat Idul Fitri atau Lebaran setelah dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Memperhatikan persiapan mudik menjadi penting demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing, tiket.com melihat adanya antusiasme yang tinggi dari kustomer untuk melakukan perjalanan, khususnya dalam menyambut masa mudik dan liburan Lebaran.

“Kami juga ingin memenuhi kebutuhan perjalanan dan wisata para sobat tiket termasuk dengan memberikan berbagai inspirasi perjalanan agar dapat menikmati momen Lebaran yang berharga,” kata Risa dalam keterangannya, dikutip Senin (3/4/2023).

Berikur tips mudik aman dan nyaman yang dapat membantu menjadikan momen libur Lebaran semakin berkesan:

1.Pastikan rumah aman sebelum ditinggalkan

Keadaan rumah yang kosong bisa membuat perasaan menjadi khawatir ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran. Sebelum mudik, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memastikan keadaan rumah agar tetap aman. Hal itu seperti mengunci semua pintu dan jendela, melapor pada RT dan satpam setempat, memasak CCTV dan alarm kebakaran, atau jugamenitipkan rumah pada orang yang dipercaya.

2. Periksa segala barang bawaan

Banyaknya barang bawaan yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi kampung halaman dapat membuat persiapan mudik menjadi kewalahan, mulai dari keperluan pribadi sehari-hari dan beragam oleh-oleh yang ingin diberikan kepada sanak saudara. Sebelum melakukan perjalanan mudik, penting untuk memeriksa segala barang bawaan yang diperlukan dengan membuat daftar yang diperlukan agar tidak ada yang terlupakan.

3. Cek kondisi kesehatan diri dan keluarga

Terkendalinya pandemi pada Hari Raya Lebaran tahun ini memberikan perasaan aman bagi yang akan melakukan perjalanan mudik. Namun kesehatan diri dan keluarga tetap perlu diperhatikan. Agar perjalanan mudik Lebaran tetap dapat dilakukan dengan aman, ada baiknya melakukan pengecekan kondisi kesehatan diri dan keluarga terlebih dahulu. Dengan begitu pengalaman mudik Lebaran dapat berjalan dengan lancar.

4. Pilih transportasi yang nyaman

Memilih opsi moda transportasi yang nyaman menjadi penting ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran. Ada beragam pilihan moda transportasi untuk memberikan lebih banyak opsi dalam menikmati mudik, baik melalui darat, laut maupun udara.

Terpopuler