Selasa 04 Apr 2023 13:18 WIB

KJRI Frankfurt Dorong Peningkatan Investasi Jerman ke Indonesia

Nilai perdagangan Indonesia dengan Jerman mencapai 8,4 miliar dolar euro pada 2022.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Investasi. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Bonn serta Nordrhein-Westfalen (NRW) Bank mendorong peningkatan investasi Jerman ke Indonesia.
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Investasi. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Bonn serta Nordrhein-Westfalen (NRW) Bank mendorong peningkatan investasi Jerman ke Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Bonn serta Nordrhein-Westfalen (NRW) Bank telah menggelar forum bisnis bertajuk  'Indonesia-Jerman: Optimizing Trade and Investment Opportunities between Indonesia and Germany as Natural Partner in Strategic Fields'. Forum tersebut dihelat di kantor pusat NRW Bank di Dusseldorf, Senin (3/4/2023).

Salah satu tujuan forum tersebut adalah mendorong peningkatan investasi Jerman ke Indonesia. Pejabat dan perwakilan dari Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral turut berpartisipasi dalam acara itu.

Baca Juga

Hadir pula sekitar 60 partisipan yang mewakili berbagai perusahaan Jerman yang bergerak di bidang manufaktur, kimia, elektronika, lembaga pembiayaan, dan konsultan.

“Forum bisnis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait potensi ekonomi strategis Indonesia dalam mendorong kolaborasi yang lebih kuat, khususnya di bidang investasi dan perdagangan di sektor yang dimaksud,” kata Konsul Jenderal RI Frankfurt Acep Somantri, seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri, Selasa (4/4/2023).

Dia mengungkapkan, NRW sebagai tempat penyelenggaraan forum bisnis tahun ini juga tepat. “Hal ini mempertimbangkan bahwa NRW merupakan mitra dagang utama Indonesia di Jerman dan merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di negara tersebut,” ucap Asep.

Berdasarkan data Kantor Statistik Jerman (Destatis), nilai perdagangan antara Indonesia dan NRW pada 2022 mencapai 2,2 miliar euro. Angka itu meningkat 53,9 persen dibandingkan tahun 2021. Porsi nilai perdagangan dengan NRW mewakili lebih dari 25 persen dari nilai perdagangan antara Indonesia dan Jerman. Nilai perdagangan Indonesia dengan Jerman mencapai 8,4 miliar dolar euro tahun lalu.

Penyelenggaraan forum bisnis 'Indonesia-Jerman: Optimizing Trade and Investment Opportunities between Indonesia and Germany as Natural Partner in Strategic Fields' merupakan rangkaian menjelang Hannover Messe 2023, yakni salah satu pameran perdagangan terbesar di dunia. Forum bisnis yang digelar KJRI Frankfurt merupakan upaya mempromosikan partisipasi Indonesia sebagai negara mitra dalam pameran tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement