Tak Hanya Merak, Pemudik Jalur Laut Bisa Gunakan Pelabuhan Ciwandan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor

Selasa 04 Apr 2023 18:45 WIB

Sejumlah kapal menunggu untuk bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). Kementerian Perhubungan mengatakan sudah memaksimalkan pengembangan Pelabuhan Ciwandan untuk persiapan momen mudik lebaran tahun ini. Kesiapan Pelabuhan Ciwandan diharapkan bisa mengurai kepadatan Pelabuhan Merak. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah kapal menunggu untuk bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). Kementerian Perhubungan mengatakan sudah memaksimalkan pengembangan Pelabuhan Ciwandan untuk persiapan momen mudik lebaran tahun ini. Kesiapan Pelabuhan Ciwandan diharapkan bisa mengurai kepadatan Pelabuhan Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan mengatakan sudah memaksimalkan pengembangan Pelabuhan Ciwandan untuk persiapan momen mudik lebaran tahun ini. Kesiapan Pelabuhan Ciwandan diharapkan bisa mengurai kepadatan Pelabuhan Merak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, saat ini sudah ada lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan yang siap menampung para pemudik jalur laut. "Sehingga, total kapasitas saat ini untuk jalur laut ada 12 dermaga. Tujuh dermaga di Merak, lima dermaga di Ciwandan," kata Budi dalam RDP bersama Komisi V DPR, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Budi menjelaskan dengan adanya tambahan dermaga ini maka rasio volume dan kapasitas (V/C ratio) pelabuhan tak sampai 0,46 persen. Dengan demikian, penumpukan penumpang sebelum menyeberang bisa diantisipasi.

"Ciwandan ini memang baru tahun ini kami laksanakan. Ciwandan ini adalah tambahan dari Merak, sehingga ini lebih baik," kata Budi.

Budi memperkirakan adanya pertumbuhan pemudik jalur laut pada momen lebaran tahun ini. Budi menyampaikan, dengan proyeksi lonjakan pemudik maka pemerintah memaksimalkan semua armada dan jalur untuk mudik lebaran tahun ini.

Terpopuler