Rabu 05 Apr 2023 15:29 WIB

Nasibah binti Ka’ab, Muslimah yang Punya Puluhan Luka Tusuk Bela Islam

Nasibah binti Ka’ab merupakan salah satu Muslimah pemberani.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Nasibah binti Ka’ab, Muslimah yang Punya Puluhan Luka Tusuk Bela Islam. Foto:  Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
Nasibah binti Ka’ab, Muslimah yang Punya Puluhan Luka Tusuk Bela Islam. Foto: Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Nasibah binti Ka’ab merupakan salah satu Muslimah pemberani yang tegar membela Islam dan Rasulullah SAW. Keberaniannya bahkan dibuktikan dengan ikut serta dalam Perang Uhud bersama suami dan juga anaknya.

Berdasarkan buku Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah karya Syaikh Sa’id Mursi, Nasibah merupakan wanita pertama dari kaum Anshar yang bersedia berikrar kepada Nabi Muhammad SAW. Muslimah dengan nama asli Nasibah binti Ka’ab bin Umar bin Auf al-Khazrajiah ini biasa dipanggil Ummu Imarah sesuai dengan kemargaannya.

Baca Juga

Di dalam Perang Uhud, Nasibah beserta suami dan anaknya ikut serta. Beliau sempat terluka parah di saat kemenangan mulai berada di pihak orang-orang kafir. Pakaiannya tercabik-cabik karena sayapan senjata, ia pun berada dalam naungan Rasulullah SAW dalam keadaan tubuh penuh luka akibat pukulan dan lemparan anak panah.

Dijabarkan, luka dalam tubuh Nasibah terdapat hingga 12 luka. Pada waktu itu, ibundanya senantiasa mendampingi dan berusaha membalut luka-luka tersebut. Keberanian beliau di luar kebiasaan wanita pada umumnya.