Rabu 05 Apr 2023 16:13 WIB

Ini Dia Kru Astronaut untuk Misi Artemis II Lunar Launch

Para astronaut itu Victor Glover, Christina Koch, Reid Wiseman, dan Jeremy Hansen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Kru astronaut untuk Misi Artemis II Lunar Launch
Foto: NASA
Kru astronaut untuk Misi Artemis II Lunar Launch

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengungkap identitas keempat astronaut yang akan melakukan perjalanan pertama ke bulan dalam 50 tahun sebagai bagian dari misi Artemis II. Keempat astronaut itu adalah Victor Glover, Christina Koch, Reid Wiseman, dan Jeremy Hansen.

Victor Glover (46 tahun) berasal dari Pomona, California. Dilansir dari Daily Mail, Rabu (5/4/2023), Glover menjadi orang kulit berwarna pertama yang dipilih untuk misi bulan lunar (lunar moon mission). Dia terpilih sebagai astronaut pada 2013 dan menjadi anggota awak ekspedisi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Afrika-Amerika pertama yang tinggal di ISS tujuh tahun kemudian.

Baca Juga

Glover menjabat sebagai pilot dan orang kedua di Crew-1 SpaceX Crew Dragon, bernama Resilience, yang tiba di stasiun luar angkasa pada 2020.

Sementara itu, Christina Koch (44 tahun) dari Grand Rapids, Michigan menjadi wanita pertama yang dipanggil untuk Artemis II lunar launch. Koch adalah pemegang rekor penerbangan luar angkasa tunggal terlama oleh seorang wanita.