Jumat 07 Apr 2023 06:32 WIB

Setelah Sanksi Ringan FIFA, Pengamat Dukung Lanjutkan Transformasi Sepak Bola Indonesia

Pemerintah harus menjadi bagian dan beriringan dalam transformasi sepak bola nasional

Red: Israr Itah
 (Kiri-Kanan) Pelatih Timnas U-20 Sin Tae-Yong, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum  PSSI Erick Thohir berbicara kepada pers dalam jumpa pers pertemuan dengan Timnas U-20 Indonesia menyusul keputusan FIFA untuk mencabut status tuan rumah Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023, di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Sabtu (1/4/2023). FIFA menjatuhkan sanksi admistratif kepada PSSI atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
(Kiri-Kanan) Pelatih Timnas U-20 Sin Tae-Yong, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara kepada pers dalam jumpa pers pertemuan dengan Timnas U-20 Indonesia menyusul keputusan FIFA untuk mencabut status tuan rumah Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023, di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Sabtu (1/4/2023). FIFA menjatuhkan sanksi admistratif kepada PSSI atas kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIFA menjatuhkan sanksi yang relatif ringan dan bersifat administratif kepada Indonesia seiring pencabutan mandat sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA hanya "menghukum" dengan pembatasan dana subsidi FIFA Forward.

Terbebasnya Indonesia dari ancaman sanksi berat disyukuri banyak pihak. Tak terkecuali sejumlah pengamat sepak bola Tanah Air, yakni Mohamad Kusnaeni, Kesit Budi Handoyo, dan Akmal Marhali. 

Baca Juga

Meski demikian, mereka menilai pemerintah harus terus menjadi bagian dan berjalan beriringan dalam melakukan transformasi sepak bola nasional.

 “Jangan biarkan PSSI sendirian. Transformasi sepak bola Indonesia adalah komitmen bersama yang harus dilaksanakan. Indonesia negara besar di dunia sepak bola internasional," kata Kusnaeni di Jakarta pada Kamis (6/4/2023) malam.