Sabtu 08 Apr 2023 18:29 WIB

Tembus 17,35 Triliun Dolar AS, Setoran Bank di AS Melonjak

Deposito meningkat di 25 bank AS.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Gedung Federal Reserve di AS. Simpanan bank komersial AS mengalami kenaikan pada Maret 2023.
Foto: Reuters/VOA
Gedung Federal Reserve di AS. Simpanan bank komersial AS mengalami kenaikan pada Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Simpanan bank komersial AS mengalami kenaikan pada Maret 2023. Ini terjadi pertama kalinya dalam waktu sekitar satu bulan, menunjukkan tanda-tanda stabil setelah dua kegagalan bank terbesar mengalami krisis keuangan sehingga mengguncang sistem perbankan dan mengguncang para deposan.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Sabtu (8/4/2023), data Federal Reserve menunjukkan simpanan seluruh bank komersial naik menjadi 17,35 triliun dolar AS per Maret. Kegagalan bank terbesar dalam sejarah AS memaksa regulator federal untuk menjamin semua simpanan kedua institusi dan mendorong The Fed mengambil tindakan darurat untuk memulihkan kepercayaan sistem perbankan.

Baca Juga

Deposito meningkat di 25 bank terbesar berdasarkan aset maupun bank kecil dan menengah. Bank-bank kecil sangat terpukul oleh arus keluar simpanan setelah kegagalan berturut-turut, dengan beberapa deposan mengalihkan uang tunai ke lembaga yang lebih besar karena khawatir dana apa pun yang melebihi 250.000 dolar AS per batas asuransi federal deposan berisiko.

Setelah lebih dari satu tahun kenaikan suku bunga yang tajam oleh The Fed yang dirancang untuk memperlambat ekonomi dan mengendalikan laju inflasi. Hal ini dikarenakan gejolak perbankan bulan lalu telah memperburuk kekhawatiran bahwa pengetatan agresif bank sentral dapat memicu resesi.