Senin 10 Apr 2023 15:32 WIB

Mengalami Hal-Hal Berikut Ini? Tandanya Anda Perlu Melakukan Tes Stres Jantung

Tes ini bukan untuk mengetahui stres psikologis, melainkan tes stres jantung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sakit jantung (ilustrasi). Jika mengalami beberapa tanda ini, Anda sebaiknya melakukan tes stres jantung.
Foto: www.freepik.com.
Sakit jantung (ilustrasi). Jika mengalami beberapa tanda ini, Anda sebaiknya melakukan tes stres jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika berjalan-jalan dengan hewan peliharaan atau menaiki tangga terasa lebih sulit dari biasanya, bisa jadi seseorang butuh menjalani tes yang disebut dengan tes stres. Tes ini bukan untuk mengetahui stres psikologis. Dalam dunia medis, tes stres terkadang disebut tes stres jantung atau tes stres olahraga.

Berdasarkan keterangan dari The Mayo Clinic, tes stres biasanya dilakukan dengan cara berjalan di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis. Penyedia layanan kesehatan kemudian akan memperhatikan ritme jantung, tekanan darah, dan pernapasan pasien selama tes.

Baca Juga

Apa saja tanda-tanda seseorang membutuhkan tes stres? Hassan Makki, seorang ahli kardiologi intervensional bersertifikat yang praktik di Pusat Kardiovaskular Premier di Chandler, Arizona, Amerika Serikat, membagikan sejumlah tanda yang bisa dicermati.

"Jika seseorang menggambarkan berat, sesak, nyeri, atau kesulitan bernapas, merasakan sensasi seperti saat berlari kencang, atau merasa dingin, jantung mereka mungkin tersumbat, dan kami biasanya melakukan tes stres," ujar Makki, dikutip dari laman USA Today, Senin (10/4/2023).